Home » » 10 alasan mengapa menggunakan Linux untuk menjalankan bisnis perusahaan

10 alasan mengapa menggunakan Linux untuk menjalankan bisnis perusahaan

Sektor teknologi informasi tidak luput menderita akibat resesi ekonomi global. Pada saat yang genting ini, membuat sistem jaringan untuk jenis usaha apapun sangatlah mahal. Linux adalah sistem operasi open source dan memiliki beberapa keunggulan ekonomi dibandingkan pesaingnya, Windows. Terlepas dari fakta bahwa hampir semua sistem operasi Linux adalah gratis, Linux itu lebih aman, lebih dapat diandalkan dan lebih bisa dimodifikasi sendiri dibandingkan pesaingnya. Beberapa perusahaan paling terkenal di dunia, seperti Amazon, Google, dan Yahoo, memakai Linux untuk menjalankan server mereka.

Linux juga punya banyak pendukung di seluruh dunia, karena ini adalah sistem operasi yang mendukung hampir semua aplikasi. Distribusi Linux disertai dengan web browser dan email client gratis. Sebagai tambahan, Linux juga memiliki program kantor seperti Star Office dan Open Office yang terdiri dari aplikasi produktivitas penting seperti Word Processing, Spreadsheet dan Database. Marilah kita memperdalam pandangan kita mengenai alasan pemakaian Linux sebagai pemecah masalah bisnis perusahaan yang lebih baik.

  1. Menghemat biaya pengeluaran
    Linux itu sistem operasi gratis yang berarti gratis digunakan dan tidak mengenakan biaya apapun untuk penggunaannya. Biaya satu-satunya yang anda keluarkan adalah biaya untuk membayar ahli TI. Selain itu tidak ada lisense yang diperlukan untuk pemakaian OpenOffice.
    Terdapat distribusi Linux yang sempurna seperti Fedora, CentOS, and Ubuntu dengan feature yang berbeda-beda. Beberapa distribusi juga dibundel dengan software e-commerce, buku manual dan dukungan telepon.
  2. Open source software
    Karena Linux adalah kode open source, maka bisa dimodifikasi sesuai keperluan perusahaan. Dalam rangka untuk merubah sistem, anda bisa meminta pertolongan dari para developer. Sekali lagi, terdapat ribuan orang dalam forum di internet yang ahli dalam bidangnya. Beberapa diantaranya bahkan bersedia menuliskan software untuk anda.
  3. Skalabilitas
    Sistem operasi Linux bisa di klon beberapa kali pada banyak komputer tanpa memerlukan biaya lisensi tambahan. Perusahaan yang menerapkan sistem jaringan adalah pihak yang paling menguntungkan karena bisa menghemat biaya.
  4. Pemanfaatan hardware yang lebih baik
    Linux adalah sistem yang paling efisien dalam penggunaan hardware dibandingkan sistem operasi lain. Dengan Linux, anda bisa menjalankan file server untuk 20 orang dengan mesin Pentium 4 tanpa ada masalah unjuk kerja. Ini akan menurunkan biaya hardware dan lebih sedikit mengkonsumsi energi dalam menjalankan server.
  5. Keamanan
    Tidak diragukan lagi, Linux adalah ahlinya dalam urusan keamanan jaringan. Linux hanya sedikit mendapat ancaman dari virus, trojan, worm, spyware dan malware.
  6. Pendukung
    Perusahaan yang memakai Linux akan mendapatkan dukungan yang nyaris sempurna. Untuk pengguna Linux yang masih baru, kualitas dukungan teknis di forum dan internet sangatlah banyak dan mengejutkan.
    Perusahaan dapat mengambil manfaat dari pengguna dan developer dalam suatu komunitas. Perusahaan yang mempunyai masalah atau keperluan tertentu bisa meminta tolong kepada developer di mana respon pada umumnya sangat cepat.
  7. Failitas-fasilitas tambahan
    Terpisah dari alat bantu utilitas sistem dari Unix, Linux biasanya disertai dengan Apache Webserver, email server, kemampuan router/firewall dan SQL database. Ini merupakan nilai tambah yang menguntungkan bagi perusahaan.
  8. Lebih kompatibel
    Linux adalah POSIX Compliant yang mana menyiratkan bahwa Linux bisa dioperasikan pada turunan Unix yang memakai POSIX Compliant.
  9. Banyak software sumber
    Linux bukanlah satu-satunya software sumber seperti halnya Windows. Linux didistribusikan oleh beberapa perusahaan dan ini memungkinkan perusahaan memilih distribusi Linux yang cocok dengan kebutuhan mereka. Untuk perusahaan yang lebih memerlukan kestabilan maka CentOS adalah pilihan yang paling aman. Untuk lingkungan desktop, anda bisa menggunakan Fedora.
  10. Perkembangan cepat
    Distribusi Linux adalah proses pembuatan software yang terus menerus. Khususnya adalah Fedora yang sering melakukan pembaharuan.
    Beberapa faktor utama yang mendorong perkembangan Linux adalah:
    • Peningkatan jumlah developer ahli yang pesat.
    • Siklus pembuatan yang singkat karena adanya tim developer yang langsung menuju pengguna akhir.
    • Banyaknya kuantitas dan kualitas umpan balik dari pemakai.
    • Tidak ada campur tangan perusahaan dalam proses disain.
    • Terus dikembangkan secara mandiri sambil diintegrasikan dalam Linux.
sumber : http://www.goblogin.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda disini. Terima kasih, salam LINUX...!!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KPLI - Sinjai - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger