Home » » BKChem dan Chemical Calculator, salah satu aplikasi kimia di Ubuntu

BKChem dan Chemical Calculator, salah satu aplikasi kimia di Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distro Linux turunan Debian yang memungkinkan siswa dari berbagai usia dan topik untuk mengakses perangkat lunak pendidikan. Tentu saja, seperti semua perangkat lunak yang disajikan dalam Synaptic Package Manager atau Add/Remove Applications, tool ini tersedia secara gratis dan dapat diinstal langsung dari Internet.

Beberapa aplikasi kimia yang bisa digunakan untuk pembelajaran antara lain :

BKChem (Edit Chemical Structures and reactions)
BKChem adalah software Ubuntu untuk pelajaran kimia yang dikemas dengan fitur. Mendukung, menurut tim pengembang website: gambar ikatan molekul, panjang ikatan dan pembatasan sudut untuk membantu dengan gambar, siap untuk menggunakan template umum, mendukung warna, grafik vektor sederhana (persegi panjang, lingkaran, poligon, dan lain – lain) serta lainnya.


Mengedit juga mudah dengan kemampuan unlimited undo dan redo, menyelaraskan, scaling, rotasi (2D, 3D), menyelaraskan molekul, rotasi fragmen molekul , definisi dari gambar (panjang ikatan, lebar, warna).

BKChem memiliki kemampuan ekspor untuk SVG (data asli secara transparan tertanam ke dalam file SVG), OpenOffice Draw format, ODF (OpenOffice 2.0), Encapsulated PostScript, PDF, PNG, dukungan dasar untuk kedua CML1 dan CML2, Molfiles dan generasi SMILES. Dapat juga mengimpor CML1 dan CML2, Molfiles, SMILES (subset) dan inchi (subset). BkChem diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Perancis, Ceko, Polandia, Jerman dan terjemahan Tradisional Cina.

2. Chemical Calculator atau GchemCalc (simple calculator for chemistry)
Chemical Calculator atau GchemCalc adalah software Ubuntu untuk pelajaran kimia lainnya yaitu kalkulator kimia untuk menentukan berat molekul dari rumus dan persentase masing-masing, semua sangat cepat dan mudah.


Sumber : http://islam-download.net/software-free-gratis-terbaru/education-software-free-gratis-terbaru/2-aplikasi-ubuntu-untuk-pelajaran-kimia.html



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda disini. Terima kasih, salam LINUX...!!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KPLI - Sinjai - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger