Home » » Mengatasi firefox berjalan di modus offline di Ubuntu

Mengatasi firefox berjalan di modus offline di Ubuntu

Oleh : Andi Nuryadin

Sudah beberapa hari saya mencicipi Ubuntu 10.04 Lucid Lynx, ternyata ada suatu hal yang aku temukan dari "kucing" ini. Masalah yang kutemukan adalah browser defaultnya dalam hal ini Mozilla selalu berjalan dimodus "offline". Permasalahan ini bersumber dari NetworkManager yang tidak mendeteksi adanya koneksi melalui ethernet kabel, maupun wireless, sehingga mengirimkan status offline kepada Firefox. Firefox yang mendapatkan status offline ini akan otomatis mengaktifkan modus Work Offline.

Tentu saja bagi newbie seperti saya pasti bingung, terlebih lagi saya menggunakan koneksi dari modem CDMA USB yang dijalankan melalui "wvdial" di terminal (CLI). Saat wvdial telah berhasil mengkoneksikan modem dengan provider, eh..malah mozilla yang memberikan informasi bahwa tidak ada koneksi internet alias error (server not found) atau malah cuma menampilkan halaman utama tanpa bisa diajak browsing, sementara instalasi software dari terminal (sudo apt-get install xxx) tetap jalan. Heran aku dibuatnya :)



Ternyata di mozillanya berjalan di mode work offline, untuk diajak browsing tinggal menghilangkan tanda cek/centang Work offline di menu File mozilla. Tapi kan repot kalau setiap saat harus begini.

Tanya oom Google dulu, kutemukan jawabannya di thread ini. Mari kita mulai triknya membuat browser "serigala api" ini agar tidak lagi selalu berjalan dimode work offline.

  • Buka firefox dulu, di address bar ketikkan about:config
  • Klik saja tombol peringatan yang ada

  • Pada kolom isian filter, ketik toolkit.networkmanager.disable

  • Sekarang ditabel akan hanya menampilkan toolkit.networkmanager.disable (dengan value false). Untuk mengganti valuenya menjadi true tinggal klik dobel saja tulisan toolkit.networkmanager.disable tersebut hingga terganti valuenya menjadi true
  • Setelah itu tutup mozilla nya dan buka lagi. Coba cek apakah masih berjalan dimode work offline atau tidak. Semoga tidak teman-teman :)
Oke deh met mencicipi suguhan Lucid Lynx, saya mau lanjut lagi install aplikasi tambahannya. Salam Linuxer.
Share this article :

2 komentar:

  1. apakah pada saat kabel lan masuk belum dideteksi oleh firefox ? atau hanya pada saat pake wvdial saja ?

    BalasHapus
  2. saya temukan bug di firefox ini saat saya konek menggunakan modem usb di wvdial dan wifi (wlan) k'takdir. kalau lan belum coba saat itu apakah selalu masuk mode work offline atau tidak

    BalasHapus

Tinggalkan komentar Anda disini. Terima kasih, salam LINUX...!!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KPLI - Sinjai - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger