Home » » SK1, Penggantinya Corel Draw di Ubuntu

SK1, Penggantinya Corel Draw di Ubuntu

Bagi penggila berat aplikasi Grafis Corel Draw yang bermigrasi ke Ubuntu maka semestinya mencari aplikasi penggantinya. Banyak aplikasi Open Source tersedia di Ubuntu seperti Inkscape, Skencil atau Inkscape. Kendati performanya memang tak seperti Corel Draw, aplikasi Open Source tersebut patut diperhitungkan juga lho untuk mengolah vektor. Untuk mulai menggunakan aplikasi Grafis yang Open Source semacam Inkscape pun tak sulit, hanya perlu membiasakan lagi.

Masalah muncul bila telah biasa menggunakan Inkscape yaitu mengedit gambar yang bersumber dari Corel Draw yang berformat .cdr. Inkscape ini belum mampu mengolah file dari Corel Draw. Solusi yang sudah pasti yaitu dengan install Corel Draw via WINE atau Crossover, tetapi hal tsb bukanlah solusi yang tepat karena masih menggunakan aplikasi yang Propretiary. Salah satu solusi yang dahsyat yaitu install aplikasi pengolah Grafis SK1 yang Open Source. SK1 ini mampu untuk mengedit gambar yang bersumber dari Corel Draw serta untuk bermain vektor sehingga sangat bermanfaat bila kita mengedit gambar .cdr.

Untuk menginstall SK1 ini kita perlu mengunduhnya dulu di sk1project.org , di repository belum tersedia SK1 ini. Untuk kali ini saya mengunduh SK1 & SKlibs untuk Ubuntu Karmic 32 bit.

-Setelah deb sK1 & sKlibs terunduh, kita install dulu sk1libs-0.9.1pre-rev905_0ubuntu1_9.10_i386.deb nya dengan dobel klik di paket tersebut.

-Install dependensi yang diperlukan oleh sK1 ini di terminal

tcl8.5 8.5.7-1
tk8.5 8.5.7-1
blt 2.4z-4.1
python-tk 2.6.3-0ubuntu1
python-imaging-tk 1.1.6-3ubuntu1
python-reportlab 2.3-0ubuntu1
python-reportlab-accel 2.3-0ubuntu1
python-renderpm 2.3-0ubuntu1

-Lalu install deb sK1-0.9.1pre-rev905_0ubuntu1_9.10_i386.deb dengan dobel klik, proses install akan terjadi Om & selesai dengan sendirinya
-Untuk memanggil sK1 ini bisa lewat terminal dengan ketik sudo sK1 atau buat menu baru di main menunya.
Selamat mencoba Om!
Share this article :

2 komentar:

  1. pake virtual box aja...bisa pake corel

    BalasHapus
  2. pake virtual box n tetap membajak?, kalaupun pake original hanya membuang2 uang saja.
    mending pake yang open source, saya pake inkcape.

    BalasHapus

Tinggalkan komentar Anda disini. Terima kasih, salam LINUX...!!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KPLI - Sinjai - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger